Berita

  • Home
  • Berita Detail

RSMH Palembang Akan Bangun Gedung Rawat Inap 9 Lantai

  • Hukormas
  • 25/04/2024

Atasi Masalah Terbatas Bed dan Daftar Tunggu Rawat Inap

RSMH Palembang Akan Bangun Gedung 9 Lantai

 

 

 

Sebagai rumah sakit rujukan nasional untuk lima provinsi, RSUP dr Mohammad Hoesin (RSMHPALEMBANG tentu saja jadi tumpuan.  Semua pasien yang tak tertangani dari Sumsel, Babel, Jambi, Lampung dan Bengkulu dirujuk ke sini.

 

 

“Itulah kenapa di RSMH sering penuh. Menjadikan pasien yang dirujuk ke sini harus menunggu dulu karena kamar rawat inapnya belum ada yang kosong,” ungkap Direktur Utama (Dirut) RSMH Palembang, dr Siti Khalimah SpKJ MARS, Rabu, 5 April 2023

 

Salah satunya  karena ada pengurangan tempat tidur imbas program Kelas Rawat Inap Standar (KRIS).  “Ada ruangan yang kita pakai untuk ICU. Jadi memang saat ini agak sulit. Tapi kami berupaya terus untuk melakukan langkah perbaikan,” bebernya.

 

Menurut dr Siti Khalimah, beberapa upaya RSMH Palembang misalnya, memperbaiki alur pasien.  Seperti pasien pulang, peng-administrasiannya dipercepat sehingga tempat tidur yang kosong itu bisa digunakan lebih cepatKemudian, mengalihkan tempat tidur dari kelas 2 ke kelas 3, 

“Karena kebutuhan terbanyak di kelas tiga,” sambungnya. 

 

Yang terbaru, RSMH Palembang  tahun depan  akan membangun gedung perawatan sembilan lantai. 

“Semoga kita bisa atasi soal rujukan ke RSMH ini,” ujarnya.

 

Penerapan sistem informasi rujukan terintegrasi (Sisrute) juga sudah berjalan. Secara otomatis akan mencari rumah sakit-rumah sakit  yang sesuai dengan kondisi pasien. 

 

“Jadi setelah di-input, kondisi pasien maka sistem akan mencarikan rumah sakit dengan kompetensi yang sesuai,” jelasnya

 

Namun kadang ada masalah rujukan melalui sisrute ini. Dari rumah sakit perujuk, kadang data-data yang dibutuhkan RSMH belum  lengkap. Karena itu pasien belum  bisa diterima.

 

“Untuk itu kita selalu lakukan feedback ke rumah sakit yang merujuk pasien agar melengkapi semua data pasien,” ujarnya.

 

Saat ini, jumlah tempat tidur di RSMH untuk rawat inap ada 895 TT

“Karena jumlah subspesialis di RSMH lengkap, makanya kasus-kasus kompleks akan dirujuknya ke sini. Apalagi dengan fasilitas untuk  semua layanan cukup lengkap,” tandas dr Siti Khalimah. 

 

RSMHPalembang  memiliki unggulan dalam hal layanan kanker terpadu dan jantung terpadu

“Sekarang ini kami juga sedang mengembangkan layanan unggulan baru  yang belum ada di Indonesia, yaitu kardioonkologi dan cryptogenic stroke. Kami berharap layanan baru ini bisa meningkatkan daya saing RSMH,” tukasnya.

Sementara,  Adi warga Palembang, mengaku harus menunggu beberapa hari dulu baru bisa keponakannya yang dirawat di RS Bhayangkara Moh Hasan  dirujuk ke RSMH. 

“Beberapa hari kamar penuh, jadi sempat menunggu, belum bisa dirujuk,” tukasnya. 

Dia berharap, fasilitas di RSMH sebagai rumah sakit andalan masyarakat Sumsel bisa ditambah dan ditingkatkan.

 

( Doc Humas)