Covid-19 Bisa Menyebar di Ruang Ber-AC

  • 30/07/2020
  • Humas

Covid-19 Bisa  Menyebar di Ruang Ber-AC

Narasumber :  Dr. dr. Zulkhair Ali, SpPD, KGH, FINASIM

 

Dari penelitian para ahli terbaru, bahwa virus corona bisa menyebar melalui udara (airborne). selain menjaga jarak, kita juga harus menghindari ruangan yang minim ventilasi atau tertutup, sebab bila ada yang mengidap covid-19, akan sangat mudah menulari yang lain.

Bila satu saja terkena, bisa semua terkena, ruangan tertutup seperti bar, bioskop serta ruangan ber-AC sangat beresiko, untuk ruangan yang tertutup sebaiknya diberi exhaust fan sehingga ada sirkulasi udara. Selain itu sebaiknya tidak selalu berada diruangan tertutup.

Cobalah setiap lima belas menit sekali keluar ruangan, di ruangan tertutup lebih berbahaya ketimbang di jalan raya atau di luar ruang.

Virus selama belum masuk kedalam tubuh, maka belum berkembang biak. Jika seseorang pengidap covid-19 bersin atau batuk, tanpa menggunakan masker, maka virusnya akan berpindah ketubuh orang lain, semakin banyak virusnya terhirup, maka kondisi orang yang tertular akan semakin berat.

Makanya banyak petugas medis yang tertular dan meninggal karena menghadapi pasien-pasien tersebut, apalagi kalau ada kebocoran di APD (Alat Pelindung Diri), serta saat makan atau ke toilet, bisa saja virusnya masuk ke tubuh.

.

(Doc. RSMH Palembang)

 


Komentar

Tinggalkan Komentar