Berita

  • Home
  • Berita Detail

Extracorporeal Syockwave Myocardial Revascuralisation ESMR

  • Hukormas
  • 18/03/2022

Extracorporeal Syockwave Myocardial Revascuralisation (ESMR)

Narasumber : Ditulis oleh Diana,AMK.

 

 

Apa itu Extracorporeal Syockwave Myocardial Revascularisation (ESMR)?

 

ESMR saat ini merupakan salah satu metode terapi non invasif  pada pasien-pasien jantung yang bertujuan untuk meningkatkan suplai darah kepada otot jantung. ESMR dilakukan bila area Ischemic myocardial tidak dapat lagi diakses dengan menggunakan metode revaskularisasi konvensional seperti operasi Bypass, ballon angioplasty, dan stent.

Dipandu dengan Ultrasound Jantung dan pemantauan EKG, ESMR befokus pada pemberian kejutan ringan di bagian jantung yang memerlukan revaskularisasi. ESMR memacu vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah, sekaligus menghilangkan nyeri secara cepat. Gelombang kejut yang diberikan memacu proses penyembuhan dan merangsang proses pembentukkan pembuluh darah yang hasilnya telah dibuktikan di dunia. Dengan serangkaian sesi terapi ESMR dapat memberikan peningkatan yang signifikan dalam sirkulasi jantung, termasuk mengurangi angina.

Proses ESMR pada umumnya membutuhkan waktu 20 sampai dengan 30 menit, pada terapi ini pasien harus mengikuti prosedur 9 kali terapi selama 9 minggu. Selama pengerjaan kita akan merasakan seperti getaran seputar area terapi disertai dengan beberapa tingkat suara bising dari alat terapi.

 

Beberapa benefit yang bisa diperoleh dari tindakan ESMR adalah tindakan ini bersifat non infasif atau tanpa menggunakan pisau bedah dan tidak ada alat yang dimasukkan ke dalam tubuh, mudah dilakukan,tanpa resiko nyeri, tidak memerlukan pembiusan, serta tidak ada batasan terapi maupun rawat inap. Tindakan ini juga tidak memiliki efek samping atau resiko akut maupun kronis dan bisa dilakukan untuk ibu hamil.

Saat ini metode ESMR sudah bisa didapatkan melalui pelayanan poli rawat jalan RSMH di gedung BHC.

Adapun hasil yang diperoleh pada pasien-pasien yang menjalani terapi ESMR di antaramya:

-Pasien dapat berjalan dengan jarak lebih jauh tanpa rasa sakit di dada.

-Angina atau nyeri dada berkurang, bahkan menghilang.

-Jika terjadi episode angina, nyerinya akan lebih berkurang.

-Obat-obatan yang diperlukan pasien untuk mengatasi angina akan berkurang.

-Pasien dapat melakukan pekerjaan dan aktif kembali.

-Setelah terapi tampak lebih energetik dan percaya diri.

 

 Referensi:

https://www.abdiwaluyo.com/id/spesialisasi-layanan-kesehatan/heart-center/#:~:text=Extracorporeal%20Shockwave%20Myocardial%20Revascularisation%20(ESMR)%20therapy,9%20kali%20terapi%20selama%209%20minggu.

https://www.obsessionnews.com/terapi-esmr-obati-pasien-jantung-tanpa-operasi/#:~:text=Tidak%20seperti%20operasi,untuk%20ibu%20hamil